Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan tema kewirausahaan dalam meningkatkan semangat gotong royong siswa di SDN Ciseah. Urgensi penelitian ini terletak pada menurunnya kemampuan kolaborasi siswa sekolah dasar. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus, data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap 150 siswa kelas 4, 5, dan 6. Hasil penelitian menunjukkan: a) projek kewirausahaan mampu meningkatkan interaksi sosial dan kerja sama siswa; b) peran orang tua sangat penting dalam mendukung dan memotivasi siswa selama projek; c) terdapat kendala seperti partisipasi yang belum merata, keterbatasan waktu, dan sarana prasarana. Oleh karena itu, penelitian ini merekomendasikan agar pelaksanaan P5 dilakukan secara berkelanjutan dan terstruktur guna menanamkan nilai gotong royong dan pendidikan karakter.
Copyrights © 2025