Pedagogik Journal of Islamic Elementary School
Vol. 8 No. 2 (2025): Mey - August

Pengaruh Kompetensi Profesional Guru terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pendidikan Pancasila

Adim, Abdul (Unknown)
Nafi'ah, Jamilatun (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kompetensi profesional guru, terutama dalam mata pelajaran yang menanamkan nilai kebangsaan seperti Pendidikan Pancasila. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kompetensi profesional guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila di Madrasah Ibtidaiyah Irsyadun Nasyi’in. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen melalui desain pretest-posttest control group. Subjek penelitian adalah siswa kelas Madrasah Ibtidaiyah yang mengikuti pembelajaran Pendidikan Pancasila. Data dikumpulkan dengan observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan analisis data menggunakan uji statistik paired t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi profesional guru berpengaruh signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Guru dengan penguasaan materi yang baik, kemampuan merancang strategi pembelajaran, serta keterampilan dalam mengelola kelas dan memanfaatkan media pembelajaran mampu menciptakan suasana belajar yang kondusif. Kondisi ini berdampak langsung pada peningkatan pemahaman, keterlibatan, dan capaian akademik siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila. Temuan penelitian ini menegaskan pentingnya peningkatan kompetensi profesional guru untuk mendukung keberhasilan proses pembelajaran sekaligus memperkuat internalisasi nilai-nilai Pancasila sejak dini. Dengan demikian, pengembangan kompetensi profesional guru menjadi faktor kunci dalam mencetak generasi yang tidak hanya berprestasi secara akademik, tetapi juga memiliki karakter kebangsaan yang kuat.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

PiJIES

Publisher

Subject

Education

Description

PiJIES: PEDAGOGIK Journal of Islamic Elementary School is a peer-reviewed journal which is published by Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah IAIN Palopo. This Journal publishes manuscripts on research in Islamic education and elementary school. PiJIES features research novelties and ...