Jejak digital: Jurnal Ilmiah Multidisiplin
Vol. 1 No. 5 (2025): SEPTEMBER

Analisis Penerapan Penilaian Otentik dalam Keterampilan Menulis pada Pembelajaran Bahasa Indonesia SMP Negeri 23 Takengon

Lia Maharani (Unknown)
Alfi Syahrin (Unknown)
Hijrah Purnama Sari Ariga (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan penilaian otentik dalam keterampilan menulis pada pelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 23 Takengon. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dengan guru Bahasa Indonesia, observasi pembelajaran, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan penilaian otentik dalam keterampilan menulis di SMP Negeri 23 Takengon telah dilakukan dengan memanfaatkan berbagai instrumen, seperti penilaian proyek, penilaian portofolio, dan penilaian kinerja. Guru berupaya memberikan umpan balik secara langsung terhadap hasil tulisan siswa serta melibatkan siswa dalam proses penilaian melalui refleksi diri. Namun, pelaksanaan penilaian otentik masih menghadapi beberapa kendala yaitu peserta didik kurang aktif dan keterbatasan waktu. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan penilaian otentik dalam pembelajaran menulis Bahasa Indonesia di SMP Negeri 23 Takengon cukup efektif meskipun masih memerlukan peningkatan dalam aspek pelaksanaan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jejakdigital

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Ilmiah Multidisiplin adalah jurnal elektronik dan cetak Open Access Journal yang diterbitkan oleh Indo Publishing setiap 6 kali dalam setahun menyediakan forum untuk mempublikasikan artikel penelitian asli, artikel review dari kontributor, dan berita teknologi baru mencangkup multidisiplin ...