Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan penilaian otentik dalam keterampilan menulis pada pelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 23 Takengon. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dengan guru Bahasa Indonesia, observasi pembelajaran, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan penilaian otentik dalam keterampilan menulis di SMP Negeri 23 Takengon telah dilakukan dengan memanfaatkan berbagai instrumen, seperti penilaian proyek, penilaian portofolio, dan penilaian kinerja. Guru berupaya memberikan umpan balik secara langsung terhadap hasil tulisan siswa serta melibatkan siswa dalam proses penilaian melalui refleksi diri. Namun, pelaksanaan penilaian otentik masih menghadapi beberapa kendala yaitu peserta didik kurang aktif dan keterbatasan waktu. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan penilaian otentik dalam pembelajaran menulis Bahasa Indonesia di SMP Negeri 23 Takengon cukup efektif meskipun masih memerlukan peningkatan dalam aspek pelaksanaan.
Copyrights © 2025