Karimah Tauhid
Vol. 4 No. 8 (2025): Karimah Tauhid

Penerapan Simulasi Interaktif untuk Mengatasi Kesulitan Siswa kelas 4-6 dalam Memahami Konsep IPA

Kurniasih, Santy (Unknown)
Sya, Mega Febriani (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Aug 2025

Abstract

Pemahaman konsep dalam pembelajaran ilmu pengetahuan alam (IPA) sering kali menjadi tantangan bagi siswa sekolah dasar, terutama pada materi siklus air, gaya fisika (gaya gesek, gaya magnet, gaya gravitasi), serta rantai makanan dan jaring-jaring makanan. Sifat abstrak dari konsep-konsep ini sering kali membuat siswa kesulitan menghubungkannya dengan kehidupan sehari-hari. Selain itu, minimnya penggunaan media pembelajaran visual dan kurangnya pengalaman langsung dalam mengamati fenomena tersebut semakin memperumit pemahaman siswa. Salah satu kendala utama dalam pembelajaran IPA adalah kurangnya pendekatan yang efektif untuk menjembatani teori dengan praktik. Beberapa metode yang telah dikembangkan dalam berbagai penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media visual, simulasi interaktif, dan eksperimen sederhana dapat membantu meningkatkan pemahaman siswa. Namun, masih terdapat tantangan-tantangan dalam implementasi dalam metode ini, seperti keterbatasan akses terhadap teknologi dan waktu yang dibutuhkan untuk pelaksanaan kegiatan pembelajaran yang lebih interaktif. Hasil analisis menunjukkan bahwa pendekatan berbasis media visual dan pengalaman langsung lebih efektif dibandingkan metode konvensional seperti ceramah atau membaca buku teks. Oleh karena itu, pemilihan strategi pembelajaran yang tepat sangat penting untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran IPA di tingkat sekolah dasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

karimahtauhid

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Neuroscience Social Sciences

Description

Karya Ilmiah yang diterbitkan merupakan hasil penelitian maupun pengabdian yang mencakup semua bidang ilmu baik dalam bidang sosial maupun ...