Pembelajaran Matematika dan Bahasa Indonesia merupakan aspek penting dalam pendidikan dasar. Namun, masih terdapat siswa yang menghadapi tantangan dalam memahami konsep-konsep yang diajarkan dalam pelajaran tersebut. Beberapa masalah utama yang sering ditemukan yaitu ketidakmampuan siswa dalam menghitung operasi hitung sederhana, kesulitan dalam mengidentifikasi huruf dan angka, serta kurangnya partisipasi siswa dalam belajar, khususnya mata pelajaran Bahasa Indonesia. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi strategi terpadu yang dapat meningkatkan keterampilan belajar untuk siswa dalam kedua mata pelajaran tersebut. Metode yang diterapkan yaitu menggunakan metode studi literatur, dengan menganalisa penelitian terdahulu, dan artikel ilmiah yang membahas tentang strategi yang efektif dalam pembelajaran Matematika dan Bahasa Indonesia. Data dikumpulkan melalui berbagai sumber yang relevan, kemudian dianalisis untuk menemukan pendekatan yang paling sesuai dalam mengatasi masalah yang teridentifikasi. Hasil dari penelitian ini yaitu strategi pembelajaran yang terintegrasi, seperti strategi kontekstual, menggunakan media pembelajaran interaktif, dan metode pembelajaran berbasis permainan dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam operasi hitung sederhana dan pengenalan huruf dan angka. Selain itu, strategi pembelajaran aktif dan kolaboratif juga efektif dalam meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025