Karimah Tauhid
Vol. 4 No. 8 (2025): Karimah Tauhid

Pemanfaatan AI dalam Pengembangan Keterampilan Menulis Bahasa Inggris: Manfaat, Tantangan, dan Persepsi Pengguna

Anggraeni, Syahyuni Anggun (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Aug 2025

Abstract

Pemanfaatan kecerdasan buatan (AI) dalam pembelajaran menulis bahasa Inggris semakin umum, namun persepsi dan pengalaman pengguna di konteks pendidikan Indonesia belum banyak diteliti. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki bagaimana para pengajar dan siswa melihat penggunaan aplikasi AI untuk meningkatkan kemampuan menulis, serta keuntungan dan kesulitan yang terkait dengan hal tersebut.  Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif deskriptif.  Wawancara terbuka dengan 26 siswa dan 4 instruktur dilakukan dengan menggunakan Google Form untuk mengumpulkan data.  Tema utama dalam jawaban informan ditemukan dengan menggunakan analisis tematik. Menurut temuan, mayoritas responden menggunakan aplikasi seperti QuillBot, Grammarly, dan ChatGPT untuk menyusun frasa, memeriksa tata bahasa, dan menghasilkan ide.  AI dianggap dapat meningkatkan kepercayaan diri (80%) dan kualitas tulisan (87%).  Namun, kekurangannya termasuk kemungkinan ketergantungan dan ide-ide di luar konteks juga dikemukakan.  AI idealnya digunakan sebagai alat revisi, bukan sebagai pengganti pemikiran manusia.  Pengamatan langsung tidak digunakan dalam penelitian ini; pengamatan ini terbatas pada data berbasis formulir.  Menurut penelitian, AI memiliki banyak harapan untuk membantu siswa belajar menulis, tetapi harus diterapkan dengan hati-hati dan bijaksana.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

karimahtauhid

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Neuroscience Social Sciences

Description

Karya Ilmiah yang diterbitkan merupakan hasil penelitian maupun pengabdian yang mencakup semua bidang ilmu baik dalam bidang sosial maupun ...