Karimah Tauhid
Vol. 4 No. 8 (2025): Karimah Tauhid

Analisis Model Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) dalam Meningkatkan Literasi dan Pemahaman Matematika di Sekolah Dasar

Mulyanti, Eneng (Unknown)
Safari, Yusuf (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas Model Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) dalam meningkatkan literasi dan pemahaman matematika di Sekolah Dasar (SD). Menggunakan pendekatan studi literatur kualitatif deskriptif, penelitian ini mengkaji berbagai sumber seperti jurnal, artikel, dan buku yang relevan dengan implementasi PMRI. PMRI, yang diadopsi dari Realistic Mathematics Education (RME), menggunakan konteks dunia nyata sebagai titik mula pembelajaran dan menekankan pemodelan, strategi siswa, interaksi, serta keterkaitan konsep. Kajian mencakup penerapan pada materi perkalian, pecahan, literasi matematika, dan konsep bangun ruang. Temuan menunjukkan bahwa PMRI efektif meningkatkan literasi, dan pemahaman konsep siswa SD, terutama saat digabungkan dengan media kreatif seperti meme dan smart-classroom. Studi juga menyoroti pentingnya desain pembelajaran berbasis PMRI yang sesuai dengan konteks etno-matematis lokal serta integrasi media digital. Artikel ini menyimpulkan bahwa PMRI memberikan kontribusi positif terhadap keterampilan matematika siswa SD, meskipun membutuhkan perencanaan matang dan pelatihan guru. Implikasi bagi praktik pendidikan mencakup rekomendasi penggunaan PMRI dengan dukungan media inovatif dan pelatihan intensif bagi guru pendidikan dasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

karimahtauhid

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Neuroscience Social Sciences

Description

Karya Ilmiah yang diterbitkan merupakan hasil penelitian maupun pengabdian yang mencakup semua bidang ilmu baik dalam bidang sosial maupun ...