Kebutuhan akan inovasi dalam alat pembelajaran, khususnya dalam pelajaran matematika, mendorong penelitian ini. Penelitian bertujuan memahami dampak penerapan Kartu Bingo sebagai alat bantu ajar terhadap pencapaian belajar matematika siswa kelas IV SDIT Alif. Metode yang diterapkan yaitu kuantitatif menggunakan desain quasi experiment, yang melibatkan semua siswa kelas IV SDIT Alif tahun akademik 2024/2025. Sampel penelitian yakni kelas eksperimen menerapkan alat bantu ajar Kartu Bingo dan kelas kontrol memakai metode konvensional. Pre-test dan post-test digunakan untuk mengumpulkan data. Uji hipotesis memakai independent sample t-test, didapat nilai signifikansi 0,043, yang lebih kecil dari 0,05, juga nilai rata-rata post-test kelas eksperimen yaitu 72,8 unggul daripada kelas kontrol yakni 64,4. Oleh karena itu, dapat disimpulkan pemanfaatan media pembelajaran Kartu Bingo memberikan efek positif pada prestasi belajar siswa kelas IV di SDIT Alif.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025