PT PLN (Persero), sebagai entitas korporasi di Indonesia, menunjukkan dedikasi yang luar biasa dalam mengelola Sumber Daya Manusia (SDM) dengan fokus yang tajam, terutama dalam konteks pengembangan Corporate University untuk pengembangan kompetensi pegawai. Penelitian ini menganalisis secara mendalam bagaimana PT PLN (Persero) menggarap proses manajemen SDM untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran di organisasinya, dengan mempertimbangkan aspek-aspek kritis seperti metode pembelajaran, interaksi instruktur-peserta, dan implementasi pengetahuan dalam konteks pekerjaan sehari-hari. Namun, ketidaksesuaian antara Capaian Kinerja Kepuasan UPDL Bogor dengan upaya-upaya peningkatan kualitas layanan, baik yang bersifat fisik maupun non-fisik, menimbulkan pertanyaan mendalam tentang variabel apa yang dominan mempengaruhi kepuasan peserta. Penelitian ini secara khusus menginvestigasi dampak kualitas layanan, kualitas fasilitas pembelajaran, dan kualitas instruktur terhadap kepuasan peserta di UPDL Bogor. Dengan 40 pegawai PT PLN (Persero) di level struktural dan fungsional sebagai responden, penelitian ini menerapkan pengujian hipotesis untuk menganalisis hubungan antara variabel-variabel kunci. Hasil penelitian menegaskan bahwa kualitas layanan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan peserta, sementara kualitas fasilitas pembelajaran tidak menunjukkan dampak yang signifikan. Di sisi lain, kualitas instruktur memberikan dampak positif dan signifikan terhadap kepuasan peserta. Secara keseluruhan, kualitas layanan, kualitas fasilitas pembelajaran, dan kualitas instruktur memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan peserta di UPDL Bogor.
Copyrights © 2025