Seorang guru profesional sebagai landasan pendidikan diharapkan tidak hanya menguasai materi sesuai bidang keilmuannya, tetapi juga mampu mengelola pembelajaran dengan baik dan memiliki keterampilan berbahasa yang berkelanjutan, salah satunya adalah menulis. Karakteristik tuturan tulis akan berbeda dengan tuturan lisan karena disampaikan tanpa berkomunikasi secara langsung dengan lawan bicara sehingga diksi, struktur kalimat, sintaksis, morfologi, ejaan, dan bentuk tulisan perlu diperhatikan. Oleh karena itu, diperlukan pelatihan dan praktik yang berkesinambungan untuk meningkatkan pemahaman dan pembiasaan dalam keterampilan menulis, khususnya menulis surat dinas. Metode yang digunakan dalam pelatihan penulisan surat dinas bagi guru TK adalah ceramah, demonstrasi, dan praktik. Hasil dari kegiatan ini adalah adanya peningkatan kemampuan guru dalam menulis surat dinas. Indikator keberhasilan pelatihan ini diidentifikasi dari dua kategori yaitu respon positif dari peserta dan adanya peningkatan kemampuan guru TK dalam menulis surat dinas.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025