Pemanfaatan kecerdasan buatan (AI) dalam dunia pendidikan semakin berkembang dan memberikan berbagai kemudahan bagi pendidik dalam menyusun materi ajar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penggunaan AI dalam penyusunan modul ajar bagi guru di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Unggulan Al Kahfi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan AI membantu guru dalam menyusun materi ajar yang lebih sistematis, interaktif, dan sesuai dengan kebutuhan kurikulum. Selain itu, AI juga mempercepat proses pembuatan materi, memberikan rekomendasi konten yang relevan, serta membantu dalam personalisasi pembelajaran sesuai dengan karakteristik siswa. Namun, terdapat beberapa tantangan dalam implementasi AI, seperti keterbatasan pemahaman guru terhadap teknologi dan kebutuhan akan pelatihan lebih lanjut. Kesimpulannya, AI dapat menjadi alat bantu yang efektif dalam meningkatkan kualitas modul ajar di MI Unggulan Al Kahfi dengan syarat adanya dukungan dan pelatihan yang memadai bagi tenaga pendidik. Kata Kunci: kecerdasan buatan, AI, modul ajar, pendidikan, Madrasah Ibtidaiyah.
Copyrights © 2024