Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen pembelajaran pendidikan Al-Islam di SMA Muhammadiyah 1 Kalirejo Lampung Tengah dengan memfokuskan pada 4 sub pokok bahasan yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis dan interpretasi data dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber data primer dimana data tersebut diperoleh dari informan pada saat melakukan observasi di lokasi penelitian. Sedangkan sumber data sekunder diperoleh dari artikel, skripsi, dan jurnal yang mendukung sumber data primer. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen pembelajaran pendidikan Al-Islam di SMA Muhammadiyah 1 Kalirejo Lampung Tengah telah terlaksana sesuai dengan mekanisme pembelajaran dan terlaksana dengan baik berdasarkan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Untuk mencapai seluruh aspek manajemen pembelajaran pendidikan Al-Islam sangat bergantung pada komitmen dan kapabilitas pendidik terhadap manajemen pendidikan itu sendiri.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024