Jurnal At-Tadbir: Media Hukum dan Pendidikan
Vol 35 No 2 (2025): Integrasi Kurikulum, Metode dan Penilaian dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Pend

Implikasi Desentralisasi dan Otonomi Daerah terhadap Kualitas Pendidikan di Madrasah

Anwarudin, Kusoy (Unknown)
Akbar, Gilang Syahril (Unknown)
Nur Islami, Givan Muhamad (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2025

Abstract

Kebijakan otonomi daerah sangat besar dampaknya terhadap dunia pendidikan madrasah di Indonesia, pendidikan madrasah yang seharusnya masuk dalam kerangka pendidikan nasional, akan tetapi dengan adanya kebijakan otonomi daerah membuat madrasah sebagai sekolah keagamaan ini tetap berada pada kewenangan pusat dibawah departemen agama. Tujuan artikel ini untuk menjelaskan bagaimana desentralisasi pendidikan di era otonomi daerah, menjelaskan posisi pendidikan madrasah di erah otonomi daerah, serta menjelaskan bagaimana peluang dan tantangan pendidikan madrasah. Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah library research (penelitian pustaka). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan madrasah pada otonomi daerah mengalami peningkatan mutu madrasah yang professional. Dengan melakukan strategi-strategi berikut: pertama, kedepannya madrasah mesti dikelola dan dimanage secara modern yaitu dengan Total Quality Education (TQE). Kedua, kedepannya madrasah wajib lebih maju dan hasrus mampu mewujudkan harapan-harapan masyarakat, sehingga pendidikan di madrasah menjadi pilihan utama bagi umat dan masyarakat. Untuk itu, agar madrasah tetap eksis pada era otonomi daerah, maka pengembangan madrasah harus tetap berjalan seiring dengan semangat otonomi tersebut, dan harus dihadapi dengan sikap optimis dan strategis serta antisipatif terhadap itu semua.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

attadbir

Publisher

Subject

Religion Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

The Focus of Jurnal At-Tadbir (JAT) on religious studies in the form of research results, conceptual ideas, literature study, and practical ...