Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media presentase animasi flash berbasis power point terhadap hasil belajar siswa pada mata Pelajaran IPA. Jenis penelitian ini adalah pre eksperimental design dengan desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest-posttest. Populasinya ialah siswa kelas VIII sedangkan untuk sampel penelitiannya ialah kelas VIII.5 sebanyak 32 siswa yang dalam memperolehnya digunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar tes, kemudian untuk teknik analisis data yang digunakan ialah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial yakni paired sampel t test. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat efektivitas penggunaan media presentase animasi flash berbasis power point terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA, hal tersebut dapat ditinjau dari hasil N gain skor sebesar 0,89 yang berada pada kategori tinggi, kemudian diperoleh hasil N gain persen sebesar 89 yang menunjukan kategori efektif. Hasil penelitian ini memperkuat argumentasi bahwa penggunaan media presentase animasi flash berbasis power point terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA efektif diterapkan dalam pembelajaran.
Copyrights © 2025