Progresivisme: Jurnal Pengembangan Pendidikan dan Pembelajaran
Vol 2 No 2 (2025): Progresivisme: Jurnal Pengembangan Pendidikan dan Pembelajaran

Penerapan Model Pembelajaran Guided Discovery Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar PKn Siswa SMA

Affizah, Hilda (Unknown)
Maulina, Maulina (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Aug 2025

Abstract

Penelitian yang dilakukan ini betujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran guided discovery learning terhadap hasil belajar PKn siswa SMA Negeri 7 Medan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimental design yang dilaksanakan di SMA Negeri 7 Medan. Populasi penelitian ini ialah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 7 Medan. Penelitian ini melibatkan 30 siswa pada kelas eksperiman dan 30 siswa pada kelas kontrol sebagai sampel penelitian menggunakan simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan kemudian teknik analisis data yang digunakan ialah statistik deskriptif serta independent sample t test. Hasil analisis menunjukan bahwa ada pengaruh model pembelajaran guided discovery learning terhadap hasil belajar PKn siswa SMA Negeri 7 Medan. Hal tersebut ditunjukan dari nilai rata-rata kelas eksperimen yang lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata kelas kontrol serta nilai sig-p < 0,05. Penelitian ini memberikan implikasi bahwa penerapan guided discovery learning dapat menjadi solusi yang efektif dalam mengatasi rendahnya hasil belajar PKn.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

progresivisme

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Progresivisme: Jurnal Pengembangan Pendidikan dan Pembelajaran adalah jurnal ilmiah nasional yang menerbitkan artikel hasil penelitian, pemikiran, dan kajian ilmiah atau kajian kritis-analitis di bidang pendidikan dan pembelajaran yang memberikan sumbangan pada pemahaman, pengembangan teori serta ...