Penelitian yang dilakukan ini betujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran guided discovery learning terhadap hasil belajar PKn siswa SMA Negeri 7 Medan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimental design yang dilaksanakan di SMA Negeri 7 Medan. Populasi penelitian ini ialah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 7 Medan. Penelitian ini melibatkan 30 siswa pada kelas eksperiman dan 30 siswa pada kelas kontrol sebagai sampel penelitian menggunakan simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan kemudian teknik analisis data yang digunakan ialah statistik deskriptif serta independent sample t test. Hasil analisis menunjukan bahwa ada pengaruh model pembelajaran guided discovery learning terhadap hasil belajar PKn siswa SMA Negeri 7 Medan. Hal tersebut ditunjukan dari nilai rata-rata kelas eksperimen yang lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata kelas kontrol serta nilai sig-p < 0,05. Penelitian ini memberikan implikasi bahwa penerapan guided discovery learning dapat menjadi solusi yang efektif dalam mengatasi rendahnya hasil belajar PKn.
Copyrights © 2025