Penelitian ini betujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran quantum teaching terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada mata Pelajaran seni budaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang pelaksanaanya dilakukan di SMA Negeri 8 Manado. Populasi penelitian ini ialah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 8 Manado dengan jumlah sampel sebanyak 33 siswa pada kelas X.3 dimana teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar pengamatan dan kemudian teknik analisis data yang digunakan ialah statistik deskriptif serta regresi sederhana. Hasil analisis menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan model pembelajaran quantum teaching terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran seni budaya dan diperoleh persamaan regresi yang diperoleh yaitu: Ŷ = 18,65 + 0,24 X. Hasil penelitian ini memperkuat bahwa model quantum teaching sebagai pendekatan pembelajaran yang menyentuh aspek kognitif, afektif dan lingkungan belajar secara terpadu, serta menunjukkan bahwa model ini efektif dalam meningkatkan aspek berpikir kreatif siswa.
Copyrights © 2025