Benefit : Journal of Bussiness, Economics, and Finance
Vol. 3 No. 2 (2025): BENEFIT: Journal Of Business, Economics, and Finance

Pengaruh Media Sosial Marketing, Direct Marketing Dan Advertising Terhadap Keputusan Mahasiswa Baru Memilih Kuliah Di Universitas Teknologi Sumbawa

Ismiyarti, Wilia (Unknown)
Aliyah, Jannatun (Unknown)
Irawati, Irawati (Unknown)
Suarantalla, Ryan (Unknown)
Zaqiah , Dwi Aulia (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh media sosial marketing, direct marketing, dan advertising terhadap keputusan mahasiswa baru dalam memilih kuliah di Universitas Teknologi Sumbawa (UTS). Strategi pemasaran perguruan tinggi menjadi sangat penting dalam era digital saat ini, di mana mahasiswa sebagai konsumen potensial lebih terpapar pada berbagai saluran informasi. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan survei. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada mahasiswa baru Universitas Teknologi Sumbawa. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda untuk mengetahui pengaruh masing-masing variabel independen terhadap variabel dependen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media sosial marketing, direct marketing, dan advertising berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan mahasiswa baru dalam memilih UTS sebagai tempat melanjutkan pendidikan tinggi. Temuan ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang tepat melalui media sosial, komunikasi langsung, dan iklan dapat meningkatkan efektivitas promosi institusi pendidikan tinggi, khususnya dalam menarik minat calon mahasiswa. Kata Kunci: media sosial marketing, direct marketing, advertising, keputusan memilih, mahasiswa baru

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

benefit

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

Benefit: Journal of Business, Economics, and Finance aims to facilitate and promote the inquiry into and dissemination of research results on business, economy, and finance fields. The scope of our Journal Includes: Business Management, Business Economics, Digital Business, Public Economics, ...