Pemahaman konsep matematis peserta didik terindikasi rendah ditinjau dari nilai rapor, yang disebabkan kurangnya pemanfaatan media pembelajaran interaktif di sekolah. Tujuan peneliti untuk mengembangkan dan menguji kelayakan media pembelajaran interaktif menggunakan Google Sites untuk membantu peserta didik dalam meningkatkan pemahaman konsep matematis. Model pengembangan yang digunakan adalah model 4D oleh Thiagarajan dan Semmel (1974) (Define, Design, Develop, Disseminate). Tetapi, dalam pelaksanaan penelitian ini hanya sampai tahap Develop. Media ini memuat materi operasi aljabar yang sesuai dengan Kurikulum Merdeka dengan subjek penelitian berjumlah 30 peserta didik kelas VII UPT SMP Negeri 3 Jatirogo 2024/2025. Instrumen pengumpulan data meliputi lembar validasi oleh ahli materi dan ahli media yang dilakukan dua validator, serta tes hasil belajar yang berupa soal pre-test dan post-test. Hasil uji kevalidan dari ahli materi memperoleh sebesar 94% dan ahli media sebesar 87% dengan kategori sangat valid untuk keduanya. Selain itu juga dilakukan validasi soal tes oleh dua validator dengan perolehan presentase sebesar 93% yang berkategori sangat valid. Uji kepraktisan diperoleh presentase sebesar 83% dari observer termasuk kategori sangat praktis dan 75% dari angket tergolong praktis. Dan uji keefektifan diperoleh skor 0,7 dengan kriteria tinggi dalam rumus N-Gain. Jadi, Google Sites dinyatakan layak untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis peserta didik dalam materi operasi aljabar.
Copyrights © 2025