Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia
Vol. 11 No. 1 (2025): Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia

Coping strategies sebagai upaya mendukung pelaksanaan tugas profesional guru di sekolah

Mulyatno, Carolus Borromeus (Unknown)
Antony, Rian (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Aug 2025

Abstract

Kesejahteraan mental guru merupakan faktor krusial dalam menjaga kualitas pembelajaran di sekolah. Coping strategies menjadi salah satu cara penting yang dapat digunakan guru untuk menghadapi tekanan kerja secara efektif. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan persepsi guru terhadap coping strategies dalam menjalankan tugas profesional mereka. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif, data dikumpulkan melalui Focus Group Discussion (FGD) yang melibatkan dua belas guru SMP Eksperimental Mangunan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman guru tentang coping strategies diperoleh melalui interaksi dengan sesama guru, teman di luar sekolah, pimpinan sekolah, direktur yayasan, dan kegiatan lokakarya. Guru memaknai coping strategies sebagai cara personal untuk meredakan tekanan, mengelola emosi, serta menata waktu dan beban kerja. Selain itu, strategi ini dianggap memperkuat semangat kerja dan memperdalam komitmen mereka terhadap tugas pendidikan. Penelitian ini menggarisbawahi bahwa coping strategies bukan hanya sebagai mekanisme pengurang stres, tetapi juga sebagai pendekatan integral dalam menjaga keseimbangan mental dan profesionalisme guru.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

j-edu

Publisher

Subject

Education

Description

EDUCATIO Journal ISSN: Print 2476-9886 –Online 2477-0302 is the Counseling Journal is a peer-reviewed, counseling journal published by Indonesian Institute for Counseling, Education and Theraphy. The aim of this journal is to publish articles dedicated to all aspects of the latest outstanding ...