Permasalahan rendahnya literasi anak usia dini di wilayah pesisir menjadi perhatian serius, khususnya di Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu, Jakarta. Minimnya akses terhadap bahan bacaan, kurangnya keterlibatan orang tua dalam kegiatan literasi, serta terbatasnya fasilitas pendidikan menjadi faktor penghambat utama. Kegiatan seminar parenting ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kapasitas orang tua dalam mendampingi proses pengembangan literasi anak sejak usia dini. Metode yang digunakan adalah pendekatan partisipatif melalui seminar interaktif dan diskusi kelompok terarah (FGD) yang melibatkan 30 orang tua dari masyarakat pesisir. Materi meliputi pentingnya stimulasi literasi di rumah, teknik bercerita, serta pemanfaatan sumber daya lokal sebagai media belajar. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pemahaman orang tua mengenai peran mereka dalam mendukung literasi anak, ditandai dengan perubahan sikap dan komitmen untuk menyediakan waktu khusus membaca bersama anak. Temuan ini mengindikasikan bahwa intervensi berbasis pemberdayaan orang tua efektif dalam meningkatkan literasi anak usia dini di wilayah pesisir.
Copyrights © 2025