Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol. 6 No. 4 (2025): Volume 6 No 4 Tahun 2025

PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK BAGI USAHA KECIL MENENGAH (UKM) DI KEL. PENDRIKAN LOR KEC. SEMARANG TENGAH KOTA SEMARANG

Kuswardani, DC (Unknown)
Widayat, Guruh Mulia (Unknown)
Mara, Lusa (Unknown)
Setyowati, Ani (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Aug 2025

Abstract

Kegiatan Pengabdian kepada Mmasyarakat bertujuan untuk meningkatkan kapasitas pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) di Kelurahan Pendrikan Lor dalam memanfaatkan media sosial sebagai sarana promosi dan penjualan produk. Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan UKM untuk beradaptasi dengan perkembangan teknologi digital guna memperluas pasar dan meningkatkan omzet. Kegiatan dilaksanakan melalui beberapa tahapan, meliputi: Dialog tentang pentingnya beralih dari metode pemasaran konvensional ke metode pemasaran digital marketing Dialog yang terkait dengan pemahaman menggunakan digital marketing Diskusi dan tanya jawab berkaitan pentingnya menggunakan media social secara efektif Hasil dari kegiatan ini mampu menunjukkan peningkatan pemahaman peserta dalam menggunakan media sosial sebagai alat pemasaran, bertambahnya jumlah akun bisnis yang aktif, serta mulai diterapkannya teknik promosi digital sederhana dalam kegiatan usaha sehari-hari. Melalui program ini, UKM di Pendrikan Lor dapat lebih kompetitif dan mampu menghadapi tantangan di era digital dengan lebih percaya diri.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

cdj

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Health Professions Public Health

Description

ommunity Development Journal : Jurnal Pengabdian masyarakat di terbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Universitas Pahlawan yang berisikan tentang hasil-hasil kegiatan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat berupa penerapan berbagai bidang ilmu diantaranya Kesehatan, ...