Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol. 6 No. 4 (2025): Volume 6 No 4 Tahun 2025

KKNT BERDAMPAK: MEMBANGUN LINGKUNGAN SOSIAL SEKOLAH YANG KONDUSIF MELALUI SOSIALISASI STOP BULLYING DI SMP PGRI SEMBAWA

Salsabila, Hilyah (Unknown)
Anggraini, Mita (Unknown)
Isnansyah, Jeargialfath (Unknown)
Minaldi, Mario (Unknown)
Tripermata, Lukita (Unknown)
Setiawan, Budi (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Aug 2025

Abstract

Bullying di lingkungan sekolah menjadi salah satu isu krusial dalam dunia pendidikan Indonesia yang berdampak terhadap kenyamanan dan kesehatan psikologis siswa. Kegiatan Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) oleh mahasiswa Universitas Indo Global Mandiri dilaksanakan di SMP PGRI Sembawa sebagai bentuk pengabdian masyarakat untuk membantu mengatasi permasalahan ini. Sosialisasi Stop Bullying dilakukan dengan pendekatan edukatif dan komunikatif, melalui penyampaian materi, diskusi interaktif, kuis, serta praktik slogan yang bertujuan membangun kesadaran siswa mengenai bahaya bullying dan pentingnya saling menghormati. Hasil kegiatan menunjukkan respons positif dari siswa, antusiasme tinggi selama sesi berlangsung, dan munculnya sikap reflektif terhadap tindakan perundungan. Mahasiswa KKNT berhasil berperan sebagai agen perubahan sosial yang mampu menciptakan ruang dialog sehat dan meningkatkan pemahaman siswa. Kegiatan ini menjadi langkah awal dalam menciptakan lingkungan sekolah yang lebih kondusif dan mendukung perkembangan psikososial siswa secara positif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

cdj

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Health Professions Public Health

Description

ommunity Development Journal : Jurnal Pengabdian masyarakat di terbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Universitas Pahlawan yang berisikan tentang hasil-hasil kegiatan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat berupa penerapan berbagai bidang ilmu diantaranya Kesehatan, ...