Proceeding Seminar Nasional IPA
2025

STUDI KEBUTUHAN PENGEMBANGAN E-MODUL AJAR BERBASIS STEAM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KOMPUTASIONAL DAN KREATIF PESERTA DIDIK

Haqiqi, Haqiqi (Unknown)
Titian, Kharisma (Unknown)
Wahyuningsih, Daru (Unknown)
Suryana, Risa (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan guru terhadap pengembangan e-modul ajar berbasis STEAM untuk meningkatkan kemampuan berpikir komputasional dan kreatif peserta didik. Penelitian menggunkaan metode campuran sekuensial ekplanatori dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner kepada 30 guru sesuai dengan kriteria dan wawancara kepada 10 guru fisika di SMA wilayah Kabupaten Ponorogo yang dipilih secara acak. Hasil analisis menunjukkan 66,67% Guru fisika sangat setuju dan 33% setuju bahwa pengembangan e-modul ajar berbasis STEAM diperlukan. Hasil ini mengindikasikan adanya kebutuhan terhadap perangkat ajar yang mampu terintegrasi dengan unsur STEAM guna mendukung pengembangan kemampuan berpikir komputasional dan kreatif peserta didik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

snipa

Publisher

Subject

Education

Description

Proceeding Seminar Nasional IPA berisi artikel yang bertema inovasi pembelajaran IPA, penelitian dibidang IPA dan ilmu lingkungan yang berasal dari kegiatan Seminar Nasional IPA. Kegiatan Seminar Nasional IPA sendiri merupakan kegiatan yang diselengarakan oleh Jurusan IPA Terpadu UNNES dengan ...