Proceeding Seminar Nasional IPA
2025

RESPON SISWA DALAM PENGGUNAAN INSTRUMEN ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM (AKM) BERMUATAN ETNOSAINS DALAM RANGKA PELESTARIAN MAKANAN TRADISIONAL

Eralita, Norma (Unknown)
Iswara, Rossi Widya (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Aug 2025

Abstract

Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) merupakan penilaian kemampuan minimum bagi peserta didik yang meliputi kemampuan dasar yang diperlukan oleh semua murid untuk mampu mengembangkan kapasitas diri dan berpartisipasi positif pada masyarakat, termasuk didalamnya literasi dan numerasi. Kedua kemampuan tersebut selaras dengan kecakapan abad ke-21 yang mengharuskan peserta didik untuk dapat mengikuti perkembangan zaman. Untuk dapat meningkatkan literasi membaca sains dan numerasi pada instrumen AKM ini dimodifikasi dengan pengetahuan tradisional atau kearifan lokal. Dengan bermuatan kearifan lokal atau etnosains ini diharapkan siswa dapat ikut serta melestarikan pengetahuan tradisional sesuai dengan pendidikan berkelanjutan. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon siswa dalam penggunaan instrumen AKM bermuatan etnosains. Penelitian ini menggunakan uji deskripsi persentase dengan instrumen angket. Kesimpulan yang diperoleh bahwa aspek literasi membaca sains, literasi numerasi serta kesiapan siswa dalam menggunakan instrumen soal AKM dalam kategori baik, yang artinya siswa siap dalam menerima soal AKM yang di dalamnya memuat cerita kebudayaan, namun siswa tetap membutuhkan penalaran.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

snipa

Publisher

Subject

Education

Description

Proceeding Seminar Nasional IPA berisi artikel yang bertema inovasi pembelajaran IPA, penelitian dibidang IPA dan ilmu lingkungan yang berasal dari kegiatan Seminar Nasional IPA. Kegiatan Seminar Nasional IPA sendiri merupakan kegiatan yang diselengarakan oleh Jurusan IPA Terpadu UNNES dengan ...