Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara pada anak usia 5-6 tahun di TK Berdikari Saiti, Desa Saiti, Kabupaten Banggai. Permasalahan yang diamati yaitu  perkembangan bahasa anak usia dini yang belum berkembang secara optimal. Rendahnya kemampuan bahasa khususnya kemampuan berbicara dapat dipengaruhi oleh kurangnya stimulasi terhadap perkembangan bahasa anak. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan media yang disebut flash card yang dapat menstimulus atau meningkatkan kemampuan berbicara anak usia dini. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperiment. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B sebanyak 10 yang mempunyai masalah pada aspek kemampuan bahasa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif.  Berdasarkan perbandingan diketahui nilai signifikan 0.00 < 0.05 sesuai dengan dasar kemampuan keputusan dalam paired samples test maka hasil penelitian menunjukan bahwa, penggunaan media flash card mempunyai pengaruh secara signifikan terhadap kemampuan bahasa anak. Guru diharapkan dapat memanfaatkan media flash card secara kreatif dan variatif untuk meningkatkan kemampuan bahasa anak usia dini, seperti melalui permainan, cerita bergambar, atau kegiatan tanya jawab sederhana.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025