Cokroaminoto Journal of Primary Education
Vol. 8 No. 3 (2025): Juli - September 2025

Pengaruh Simulasi PhET Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika Kelas V SD Negeri Puraseda 01 Kecamatan Leuwiliang Kabupaten Bogor Provinsi Jawa Barat

Supriyadi, Supriyadi (Unknown)
Belawati, Tian (Unknown)
Isfarudi, Isfarudi (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Aug 2025

Abstract

Keberhasilan pembelajaran sangat dipengaruhi oleh metode dan model pembelajaran yang bermakna, menarik, serta mampu menumbuhkan rasa ingin tahu peserta didik. Hal ini menjadi sangat penting dalam pembelajaran matematika, yang sering dianggap sulit oleh peserta didik, sehingga banyak dari mereka belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Puraseda 01 Kecamatan Leuwiliang Kabupaten Bogor. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 44 responden. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan simulasi PhET terhadap motivasi dan hasil belajar matematika peserta didik kelas V pada materi pecahan. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan desain kelompok kelas eksperiman dan kelas kontrol. Kelas eksperimen menggunakan simulasi PhET, sedangkan kelas kontrol menggunakan metode konvensional. Variabel independent pada penelitian ini adalah penggunaan simulasi PhET dan variabel dependennya adalah motivasi dan hasil belajar. Pengukuran variabel dilakukan dengan menggunakan skala Likert. Hasil menunjukkan bahwa rata-rata nilai peserta didik di kelas eksperimen mencapai 85,90, di atas KKM 70, dan seluruh peserta didik tuntas belajar. Sebaliknya, dikelas kontrol hanya memperoleh rata-rata 67,5, dengan tingkat ketuntasan 45%. Selain itu, motivasi belajar peserta didik di kelas eksperimen juga lebih tinggi. Analisis statistik menggunakan uji Hotelling’s Trace menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kedua kelompok dalam hal hasil belajar dan motivasi. Temuan ini menguatkan hasil penelitian sebelumnya yang menunjukkan bahwa simulasi PhET mampu meningkatkan pemahaman konsep secara visual dan interaktif, membuat pembelajaran lebih aktif, kreatif, dan menyenangkan. Dengan demikian, penggunaan simulasi PhET dapat menjadi alternatif yang efektif dalam meningkatkan hasil belajar dan motivasi peserta didik pada pembelajaran matematika di sekolah dasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

cjpe

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

The focus of this journal is primary education, which covers related aspects such as students, teachers, teaching materials, evaluation and assessment, curriculum, and lesson ...