Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Vol 16, No 2 (2014): November 2014

PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN PADA SISWA SMK NEGERI 1 TANJUNG MORAWA DELI SERDANG

Baharuddin, Dr. (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jan 2017

Abstract

ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar Pengaturan Motor Mekanik yang dibelarkan dengan  Strategi Pembelajaran Problem Based Learning siswa kelas X TeknikTenaga Listrik SMK Negeri 1 Tanjung Morawa Deli Serdang.Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X Teknik Tenaga Listrik. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas X TTL yang berjumlah 74 orang. Teknik pengambilan sampel digunakan dengan cara teknik random, dimana yang terpilih sebagai kelas eksperimen yang menggunakan Strategi Pembelajaran Problem Based Learning) kelas X TTL 1 yang berjumlah 37 siswa, sedangkan yang terpilih sebagai kelas kontrol adalah yang menggunakan Strategi Pembelajaran Ekspositori kelas X TTL 2 yang juga berjumlah 37 siswa. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Teknik pengumpulan data dijaring dengan menggunakan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah validitas test, indeks kesukaran soal, reliabilitas test. Hasil belajar siswa yang belajarkan dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Problem Based Learning memiliki skor rata-rata 24.027 sedangkan dengan menggunakan Strategi pembelajaran Ekspositori memiliki skor rata-rata 16,648. Uji statistik dengan menggunakan uji-t diperoleh thitung> ttabel yaitu 13.8>1.7,disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Problem Based Learning lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang dibelaajarkan dengan menggunakan Strategi  Pembelajaran Ekspositori di kelas X SMK Negeri 1 Tanjung Morawa Kata Kunci : Problem Based Learning, Ekspositori, Hasil Belajar

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

mbt

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan dan Teknologi Kejuruan diterbitkan oleh Fakultas Teknin Universitas Negeri Medan yang merupakan media informasi dan wadah bagi civitas akademik dalam menginformasikan berbagai karya ilmiah hasil penelitian, ide/konseptual dan kebijakan pendidikan kejuruan. Jurnal Pendidikan dan ...