cover
Contact Name
Dadang Mulyana
Contact Email
dadang@unimed.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jurnalptkft@unimed.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
ISSN : 08547468     EISSN : 24077453     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidikan dan Teknologi Kejuruan diterbitkan oleh Fakultas Teknin Universitas Negeri Medan yang merupakan media informasi dan wadah bagi civitas akademik dalam menginformasikan berbagai karya ilmiah hasil penelitian, ide/konseptual dan kebijakan pendidikan kejuruan. Jurnal Pendidikan dan Teknologi Kejuruan menerima tulisan original belum pernah dipublikasikan dalam jurnal lain. Artikel yang akan diterbitkan akan dievaluasi oleh tim redaksi dan mitra bestari. Tim redaksi berhak melakukan perubahan pada tulisan namun tidak mengubah makna tulisan. Artikel yang disampaikan wajib mengikuti gaya selingkung yang ditetapkan. Pendidikan dan Teknologi Kejuruan terbit secara berkala 2 kali dalam setahun.
Arjuna Subject : -
Articles 102 Documents
ANALISIS PERENCANAAN PENGGUNAAN SISTEM PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA SURYA (PLTS) UNTUK PERUMAHAN (SOLAR HOME SYSTEM) Salman, Rudi
Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Vol 1, No 1 (2013): Majalah Bina Teknik
Publisher : FT Unimed

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Energi listrik merupakan salah satu kebutuhan masyarakat yang sangat penting dan vital. Kekurangan energi listrik dapat mengganggu aktifitas manusia. Oleh sebab itu kesinambungan dan ketersediaan energi listrik harus di pertahankan. Bagi masyarakat perkotaan dan sekitarnya penyediaan energi listrik tidak menjadi masalah, karena energi listrik disediakan oleh Perusahaan Listrik Negara (PLN) secara berkesinambungan. Namun lain halnya dengan masyarakat yang tinggal di daerah-daerah pedalaman dan pulau-pulau terpencil, pemenuhan akan energi listrik merupakan masalah besar. Karena jaringan listrik PLN belum menjangkau daerah tersebut. sehingga solusi yang paling tepat untuk mengatasi ketiadaan energi listrik didaerah tersebut adalah dengan mengubah cahaya matahari menjadi energi listrik menggunakan teknologi photovoltaic (Sel Surya). Sistem penyediaan energi listrik dengan sistem ini disebut Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS). PLTS yang digunakan khusus untuk perumahan dinamakan Solar Home System (SHS). Pada tulisan ini akan dibahas metode analisis mengenai penggunaan pembangkit listrik tenaga surya untuk perumahan (SHS). Hasil dari analisis ini di harapkan dapat menjadi acuan atau pedoman bagi calon pengguna SHS atau praktisi kelistrikan agar diperoleh kesesuaian antara kebutuhan energi, harga dan kualitas SHS yang sesuai.
Unjuk kerja lampu Fluorescen Ballast elektronik di banding lampu Fluorescen Ballast Induktor Salman, Rudi
Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Vol 1, No 1 (2013): Majalah Bina Teknik
Publisher : FT Unimed

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Lampu Tl adalah lampu fluorecen
SIMULASI DAN ANALISIS ALIRAN DAYA PADA SISTEM TENAGA LISTRIK MENGGUNAKAN PERANGKAT LUNAK ELECTRICAL TRANSIENT ANALYSER PROGRAM (ETAP) VERSI 4.0 Salman, Rudi
JURNAL PENDIDIKAN TEKNOLOGI DAN KEJURUAN Vol 15, No 1 (2014)
Publisher : FT Unimed

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja (performance) sistem tenaga listrik yaitu aliran daya aktif maupun reaktif serta profil tegangan setiap bus dalam sistem. Simulasi aliran daya dilakukan  menggunakan perangkat lunak Electrical Transient Analyser Program (ETAP) versi 4.0. Penelitian ini dilaksanakan di Jurusan Pendidikan Teknik Elektro dengan objek penelitian adalah Sistem Tenaga Listrik di Sumatera Utara dan Aceh, yang memiliki 107 bus dan terdiri dari 1 bus referensi (Swing Bus), 12 bus generator (Voltage Regulator Bus) dan sisanya yaitu 94 bus adalah bus beban (Load Bus). Perhitungan aliran daya menggunakan metode Newton-Raphson. Hasil penelitian menunjukan bahwa aliran daya aktif terbesar mengalir dari bus Tebing Tinggi ke bus Sei Rotan sebesar 133,04 (31,52%) MW dan aliran daya reaktif terbesar mengalir dari bus Belawan (Swing/Reference bus) ke bus Sei Rotan sebesar 66,80 (25,7%) MVAR. Total aliran daya aktif dan reaktif dalam sistem adalah 422,019 MW dan 259,93 MVAR. Sedangkan untuk profil tegangan bus, penurunan tegangan (Voltage drop) tertinggi terjadi pada bus  55 (bus beban Aek Knopan) sebesar 3,035% (19,393 KV) dari tegangan normal (20 KV) dan sebesar 149,773 KV (0,151%) untuk sistem 150 KV.Kata kunci : Simulasi Aliran Daya, Profil Tegangan, ETAP 4.0, Losses, Newton-Raphson
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI WISATAWAN MENGKONSUMSI MAKANAN TRADISIONAL DI RESTORAN KECAMATAN SIMANINDO KABUPATEN SAMOSIR Gultom, Ade Ch
JURNAL PENDIDIKAN TEKNOLOGI DAN KEJURUAN Vol 17, No 2 (2015): November 2015
Publisher : FT Unimed

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) produk makanan dan minuman tradisional di restoran Kecamatan Simanindo Kabupaten Samosir. (2) produk pelayanan (service) makanan tradisional di restoran Kecamatan Simanindo Kabupaten Samosir. (3) produk kebersihan dan higienitas restoran di Kecamatan Simanindo Kabupaten Samosir. (4) produk harga makanan tradisional di restoran Kecamatan Simanindo Kabupaten Samosir (5) produk atmosfer/suasana restoran di Kecamatan Simanindo Kabupaten Samosir. Populasi penelitian ini adalah wisatawan yang mengkonsumsi makanan tradisonal di restoran Kecamatan Simanindo Kabupaten Samosir selama satu bulan yang berjumlah 300 orang. Sampel penelitian di ambil secara  kebetulan (accidentally sampling) yang berjumlah 75 orang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif yaitu untuk mendapatkan gambaran tentang fenomena yang terjadi dimasa sekarang. Teknik pengumpulan data penelitian dengan menggunakan angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan perhitungan persentase. Hasil angket wisatawan mengkonsumsi makanan tradisional di restoran Kecamatan Simanindo Kabupaten Samosir pada indikator faktor makanan dan minuman sebaran jawaban Sangat Suka dengan persentase 38,67 % sebanyak 29 orang. Pada indikator faktor kebersihan dan higienitas sebaran jawaban Sangat Suka dengan persentase 36 % sebanyak 27 orang. Pada indikator faktor harga sebaran jawaban Sangat Suka dengan persentase 30,67% sebanyak 23 orang. Pada indikator faktor atmosfer/suasana sebaran jawaban Sangat Suka dengan persentase 30,67% sebanyak 23 orang.Kata kunci : Makanan tradisional, wisatawan
Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Dasar-Dasar Kelistrikan (DDK) Kelas X Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL) SMK Negeri 1 Lubuk Pakam Hanif, Muhammad; Saragih., M.Pd, Dra. Pintauli
JURNAL PENDIDIKAN TEKNOLOGI DAN KEJURUAN Vol 16, No 2 (2014): November 2014
Publisher : FT Unimed

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar Dasar-Dasar Kelistrikan yang diajar dengan menggunakan Media Pembelajaran Crocodile dan yang diajar dengan menggunakan media pembelajaran gambar di papan tulis pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2014.Media Pembelajaran yang digunakan adalah media crocodile yang mana dalam pelaksanaan diadakan perlakuan kepada kelompok-kelompok eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 1 Lubuk pakam yang mengikuti sub kompetensi Dasar-Dasar Kelistrikan yang terdiri dari 2 kelas, satu kelas, diajar dengan media crocodile (kelas eksperimen) dan satu kelas lagi diajar dengan menggunakan media gambar dipapan tulis (kelas kontrol). Jumlah sampel tiap kelas sebanyak 30 dan 35 orang, jadi jumlah sampel seluruhnya sebanyak 65 orang.Perlakuan dilakukan selama 3 minggu atau sebanyak 3 kali pertemuan tatap muka untuk masing-masing kelas. Perlakukan yang diberikan berdasarkan pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang telah disiapkan oleh peneliti. Pada akhir pertemuan, kedua kelas penelitian diberi Posttes untuk melihat hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil tes inilah dapat diketahui sejauh mana pengaruh yang terjadi pada siswa. Dari hasil analisis data dengan tingkat penerimaan pada taraf signifikansi 5% menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang diajar menggunakan media crocodile lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan media gambar dipapan tulis, dimana thitung >  ttabel, yaitu 4,004 > 1,67035. Dari perhitungan diperoleh Fhitung < Ftabel (1,24 < 1,74) sehingga diperoleh kesimpulan bahwa sampel berasal dari populasi yang homogen. Dengan kata lain Hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan media crocodile lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan media gambar dipapan tulis.
PERBEDAAN HASIL BELAJAR INSTALASI PENERANGAN LISTRIK ANTARA SISWA YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN SISWA YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN EKSPOSITORI Hutahean, Binnaro; Silitonga, Marsangkap
JURNAL PENDIDIKAN TEKNOLOGI DAN KEJURUAN Vol 19, No 1 (2017): April 2017
Publisher : FT Unimed

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar instalasi penerangan listrik banguna sederhana antara siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran berbasis masalah dengan siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran ekspositori. Penelitian dilakukan pada siswa kelas XI program keahlian teknik instalasi tenaga listrik (TITL) SMK Negeri 2 Siatas Barita Tapanuli Utara pada tahun pelajaran 2014/2015. Populasi penelitian terdiri atas dua kelas, yang semuanya menjadi sampel. Hasil pengundian menempatkan kelas XITITL2 dengan 30 siswa sebagai kelas eksperimen yang diajar dengan model pembelajaran berbasis masalah sedangkan kelas XITITL1 dengan 28 siswa sebagai kelas kontrol yang diajar dengan model pembelajaran ekspositori.Metode penelitian adalah eksperimen dengan rancangan “Randomized Control Group Posttest Only Design”. Data penelitian dijaring dengan tes, menggunakan instrumen berbentuk tes objektif pilihan berganda dengan lima pilihan jawaban. Instrumen tes digunakan setelah melalui ujicoba untuk mengetahui validitasnya dan reliabilitasnya Ujicoba instrumen mengasilkan 22 butir soal yang valid dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,703. Hipotesis penelitian diuji dengan analisis statistik uji-t, yang dilakukan setelah memenuhi uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil belajar instalasi penerangan listrik bangunan sederhana siswa yang diajar dengan model pembelajaran berbasis masalah memiliki skor rata-rata 15,93 dengan standar deviasi sebesar 1,78; sedangkan siswa yang dengan model pembelajaran ekspositori memiliki skor rata-rata 13,86 dengan standart deviasi sebesar 1,89. Dengan menggunakan analisis statistik uji-t diperoleh t-hitung sebesar 16,386 sedangkan harga t-tabel untuk α = 0,05 dan derajat kebebasan 56 adalah 2,003. Dengan demikian disimpulkan bahwa hasil belajar instalasi penerangan listrik bangunan sederhana siswa yang diajar dengan model pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran ekspositori.Kata kunci: Pembelajaran Berbasis Masalah, Hasil Belajar, Instalasi Penerangan.
PENILAIAN PIHAK INDUSTRI TERHADAP TINGKAT KEMAMPUAN KERJA MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK MESIN FT UNIVERSITAS NEGERI MEDAN DALAM MENGIKUTI PRAKTEK KERJA INDUSTRI. Saragih, Pudin
JURNAL PENDIDIKAN TEKNOLOGI DAN KEJURUAN Vol 17, No 1 (2015): April 2015
Publisher : FT Unimed

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk melihat penilaian pihak industri khususnya pembimbing terhadap kemampuan kerja dari para mahasiswa peserta praktek kerja lapangan industri Jurusan Pendidikan Teknik Mesin FT Unimed Medan priode 2013 dan 2014. Metode penelitian yang digunakan adalah Expost Facto. Populasi adalah seluruh pembimbing mahasiswa dari pihak industri. Jumlah sampel adalah seluruh populasi penelitian (penelitian populasi). Untuk menjaring data digunakan angket yang telah lebih dulu divalidasikan dengan pihak ahli (expert judgement), sedang reliabilitas angket tidak dicari. Kemudian untuk menganalisis data hasil penelitian digunakan statistik deskriptif. Dari hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa kecenderungan kemampuan kerja mahasiswa peserta praktek di industri dinilai “kurang” oleh pihak industri (64,20%). Selanjutnya kecenderungan kemampuan kerja para mahasiswa ditinjau dari tiap-tiap aspek adalah sebagai berikut : (1) aspek pengetahuan kerja sebesar 72% (cukup); (2) aspek kreativitas kerja sebesar 53% (kurang); (3) aspek kecepatan kerja sebesar 68% (kurang); (4) aspek kualitas hasil kerja sebesar 67% (kurang) dan (5) aspek disiplin dan sikap kerja sebesar 61% (kurang). Di samping itu ditemukan pula bahwa pelaksanaan kegiatan peraktek terutama yang menyangkut disiplin kerja kurang mendapat perhatian dari para mahasiswa.Kata kunci : Pengetahuan, Kreativitas, Kualitas, Kecepatan, Disiplin dan Sikap, serta Kemampuan Kerja.
PENERAPAN UJI STATISTIK MODEL LOG-LINEAR DALAM MENGANALISIS KARAKTERISTIK MAHASISWA UNIVERSITAS TERBUKA UPBJJ MEDAN Pakpahan, Sondang Purnama Sari
JURNAL PENDIDIKAN TEKNOLOGI DAN KEJURUAN Vol 17, No 1 (2015): April 2015
Publisher : FT Unimed

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui dimensi karakteristik mahasiswa Universitas Terbuka UPBJJ Medan, mengetahui dimensi karakteristik mahasiswa UT UPBJJ Medan yang cenderung menimbulkan dependensi, dan menentukan model matematika yang sesuai untuk dependensi multivariable.Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Model Log Linear. Alasannya adalah karena data penelitian ini berupa data kategorikal yang bersifat diskrit, sehingga dapat dilakukan uji independensi antar variabel, untuk menemukan besarnya interaksi yang menyebabkan variabel tersebut dependen.Dengan analisis log linear dihasilkan model, yaitu terdapat hubungan dan interaksi antara jenis kelamin, cara belajar, IPK, antara cara belajar dan IPK, antara pendidikan terakhir dan alasan masuk UT, antara pendidikan terakhir dan IPK, antara status pernikahan dan IPK, antara tempat tinggal dan IPK, antara tempat tinggal dan keikutsertaan dalam tutorial tatap muka, antara tempat tinggal dan keikutsertaan dalam tutorial on-line dan IPK.Kata Kunci: Karakteristik mahasiswa, Model Log Linear, mahasiswa UT
UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PEKERJAAN DASAR TEKNIK OTOMOTIF DENGAN PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN SAINTIFIK PADA SISWA KELAS X TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK NEGERI 2 PEMATANGSIANTAR Sitinjak, Yasner Marnaek; Efendi, Hidir
JURNAL PENDIDIKAN TEKNOLOGI DAN KEJURUAN Vol 17, No 2 (2015): November 2015
Publisher : FT Unimed

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK : Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif pada siswa kelas X Teknik Kendaraan Ringan di SMK Negeri 2 Pematangsiantar T.A 2014/2015 dengan menerapkan Strategi Pembelajaran Saintifik. Penelitian ini berangkat dari permasalahan yang ada di lapangan, dimana berdasarkan observasi peneliti yang menunjukkan bahwa pada tahun ajaran 2012/2013 sekitar 50% dari 28 siswa tidak lulus atau tidak memenuhi kriteria ketuntasan minimal. Sedangkan pada tahun ajaran 2013/2014, sekitar   56% dari 30 siswa juga belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TKR II SMK Negeri 2 Pematansiantar, yang terdiri dari 34 orang. Obyek penelitian ini adalah pembelajaran dengan menerapkan strategi pembelajaran saintifik untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran mengidentifikasi jenis-jenis alat ukur mekanik dan fungsinya. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, dimana masing-masing siklus terdiri dari sekali pertemuan. Instrumen yang digunakan untuk megumpulkan data adalah instrumen tes soal essay dan lembar observasi. Dari data kemampuan awal siswa terdapat 13 siswa (43,33 %) yang tuntas pada nilai formatif kompetensi dasar sebelumnya, 23 siswa (67,65 %) pada siklus I dan 30 siswa (88,23 %) pada siklus II. Data hasil belajar menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar dari siklus I hingga siklus II. Dimana pada siklus pertama terdapat 23 siswa (67,65 %) yang telah memenuhi ketuntasan belajar (kompeten) mengalami peningkatan sebanyak 7 siswa (20,58 %). Berdasarkan hasil itu juga didapat bahwa ketuntasan klasikal telah terpenuhi yaitu sebanyak 80 %. Penerapan Strategi Pembelajaran Saintifik dalam pembelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 2 Pematangsiantar T.A. 2014/2015 Kata Kunci : Strategi Pembelajaran Saintifik, Hasil Belajar Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif
KARAKTERISTIK PENGARUH BIODIESEL DARI LIMBAH SAWIT CAIR TERHADAP UNJUK KERJA MESIN DIESEL EMPAT LANGKAH Ariani, Farida; Ginting, Elisabeth; Sitorus, Tulus Burhanuddin
JURNAL PENDIDIKAN TEKNOLOGI DAN KEJURUAN Vol 16, No 2 (2014): November 2014
Publisher : FT Unimed

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK: Perkembangan dunia industri yang semakin pesat dan kelangkaan akan bahan bakar fosil mendorong dilakukannya penelitian untuk mengembangkan sumber bahan bakar alternatif untuk mengurangi ketergantungan terhadap bahan bakar solar. Pada penelitian ini digunakan bahan bakar alternatif biodiesel POME yang diperoleh dari pengolahan limbah asam lemak sawit melalui proses esterifikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan campuran solar-biodiesel POME terhadap parameter performansi mesin genset diesel.Variasi bahan bakar yang digunakan solar, B5, B10, B15 dan B20.Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai kalor paling tinggi terdapat pada bahan bakar solar sebesar 43294 kJ/kg. Dan nilai kalor paling rendah terdapat pada bahan bakar B20 yaitu 34708 kJ/kg.Dari hasil pengujian di laboratorium diperoleh bahwa daya maksimum terjadi saat mesin menggunakan bahan bakar solar pada putaran mesin 1200 rpm sebesar 445,03 watt. Sedangkan daya minimum diperoleh saat mesin menggunakan bahan bakar B20 pada putaran mesin 700 rpm sebesar 121,84 watt. Untuk nilai konsumsi bahan bakar spesifik minimum diperoleh sebesar 359 gr/kWh pada pemakaian bahan bakar premium pada putaran mesin 1200 rpm dan konsumsi bahan bakar maksimum diperoleh saat mesin menggunakan bahan bakar B20 sebesar 930,84 pada putaran mesin 700 rpm. Besarnya efisiensi termal maksimum sebesar 24% dengan menggunakan solar untuk putaran mesin 1200 rpm dan nilai efisiensi termal minimum sebesar 11,55% dengan menggunakan bahan bakar B20 pada putaran mesin 700 rpm.Kondisi tingkat kekabutan atau opasitas emisi gas buang paling tinggi terjadi saat mesin menggunakan bahan bakar solar dan minimum saat mesin menggunakan bahan bakar B20.Kata kunci :biodiesel limbah sawit, performansi mesin

Page 1 of 11 | Total Record : 102