Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Vol 17, No 1 (2015): April 2015

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR MENGAIT PADA SISWA TATA BUSANA SMK NEGERI 8 MEDAN

Hutapea, Flora (Unknown)
Purba, Nur Asmah (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2017

Abstract

Abstrak : Tujuanan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar mengait yang tidak diberi media pembelajaran video dan untuk mengetahui hasil belajar mengait yang diberi media pembelajaran video pada siswa kelas X SMK Negeri 8 Medan yang telah dilaksanakan pada semester ganjil Tahun Ajaran 2013/2014, SMK Negeri 8 Medan, dengan jumlah populasi sebanyak 4 kelas (140 siswa). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimensemu (Quasi Experiment). Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kecenderungan hasil belajar mengait siswa kelas X Tata Busana SMK Negeri 8 Medan pada kelas Eksperimen kategori cukup siswa yaitu 40%. Tingkat kecenderungan hasil belajar mengait pada kelas kontrol kategori kurang yaitu 29%. Untuk uji normalitas data menggunakan rumus chi-kuadrat pada taraf signifikan 5% dengan dk= 35, diperoleh hasil belajar Mengait kelas Eksperimen berdistribusi nomal, karena Xhit<Xtab (-33,53<11,070) dan kelas Kontrol berdistribusi normal, karena Xhit<Xtab (-26,22<11,070). Sedangkan uji homogenitas, diperoleh Fhit<Ftal yaitu 1,05 < 2,65 sehingga kedua kelas penelitian memiliki varians yang sama (homogen).Hasil uji hipotesis yang menggunakan uji-t diperoleh nilai thitung sebesar 8,07 sedangkan nilai tab pada taraf signifikansi 5% dengan n 68 = sebesar 1,67. Dengan demikian thit>ttab (8,07>1,67). Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis video Terhadap Hasil Belajar Mengait pada siswa kelas X Tata Busana SMK Negeri 8 Medan.Kata Kunci : Media Video dan Hasil Belajar Mengkait

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

mbt

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan dan Teknologi Kejuruan diterbitkan oleh Fakultas Teknin Universitas Negeri Medan yang merupakan media informasi dan wadah bagi civitas akademik dalam menginformasikan berbagai karya ilmiah hasil penelitian, ide/konseptual dan kebijakan pendidikan kejuruan. Jurnal Pendidikan dan ...