IPSSJ
Vol. 2 No. 03 Agustus (2025): Integrative Perspectives of Social and Science Journal

FAKTOR PENDORONG DAN PENGHAMBAT KEPATUHAN ADMINISTRASI KENDARAAN BERMOTOR DI INDONESIA

Dedi Kurniawan (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Aug 2025

Abstract

Kepatuhan administrasi kendaraan bermotor merupakan elemen penting dalam menjaga ketertiban lalu lintas, keselamatan berkendara, serta optimalisasi penerimaan negara dari sektor pajak kendaraan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor pendorong dan penghambat kepatuhan administrasi kendaraan bermotor di Indonesia serta merumuskan strategi peningkatan kepatuhan yang efektif. Metode yang digunakan adalah studi literatur dengan mengkaji berbagai sumber seperti peraturan perundang-undangan, laporan resmi, artikel ilmiah, dan publikasi media yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor pendorong meliputi kesadaran hukum masyarakat, kemudahan akses layanan, pemberian insentif, dan transparansi penggunaan pajak. Sementara itu, faktor penghambat mencakup hambatan ekonomi, prosedur birokrasi yang rumit, keterbatasan akses layanan di daerah terpencil, serta rendahnya kepercayaan publik terhadap manfaat pajak. Strategi peningkatan kepatuhan perlu dilakukan secara komprehensif melalui edukasi publik, penyederhanaan prosedur, penguatan penegakan hukum, inovasi teknologi, pemerataan layanan, dan kolaborasi lintas sektor. Dengan strategi yang terintegrasi, diharapkan tingkat kepatuhan administrasi kendaraan bermotor di Indonesia dapat meningkat secara signifikan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ojs

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Public Health Social Sciences

Description

Integrative Perspectives of Social and Science Journal (IPSSJ) dengan E-ISSN 3064-4011 merupakan sebuah jurnal ilmiah nasional yang mempublikasikan artikel hasil penelitian multidisiplin di berbagai bidang ilmu, seperti ilmu sains, teknik, pendidikan, ilmu sosial humaniora, bahasa/linguistik, ...