Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar gerak manipulatif melalui permainan lempar tangkap bola pada siswa kelas V SDN Ngadirejo 1 Kota Kediri. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bersifat kolaboratif antara guru PJOK dan peneliti. Penelitian ini terdiri dari empat tahapan utama, yaitu perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Prosedur penelitian dilaksanakan melalui tiga tahapan, yakni pra siklus, siklus I, dan siklus II. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat peningkatan hasil belajar siswa, dengan persentase ketuntasan sebesar 45% , meningkatĀ 65% Di siklus 1, Dan siklus 2 mencapai 85% Di siklus 2. Di Hasil ini membuktikanĀ bahwa pemberian permainan lempar tangkap bola efektif dalam meningkatkan hasil belajar gerak dasar manipulatif passing bawah bolavoli pada pembelajaran PJOK.
Copyrights © 2025