Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas permainan halang rintang dalam meningkatkan jangkauan smash pada pembelajaran bola voli siswa kelas VI SDN Ngadirejo 1 Kota Kediri. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus yang masing-masing terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Sampel penelitian berjumlah 24 siswa. Data dikumpulkan melalui observasi, tes keterampilan smash, dan wawancara dengan guru PJOK. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I, rata-rata ketinggian lompatan sebelum smash mencapai 32 cm dengan persentase keberhasilan smash sebesar 45%. Setelah dilakukan perbaikan pada siklus II, rata-rata tinggi lompatan meningkat menjadi 45 cm dengan persentase keberhasilan smash mencapai 78%. Peningkatan ini menunjukkan bahwa permainan halang rintang efektif dalam meningkatkan jangkauan smash siswa dalam bola voli. Dengan demikian, penggunaan metode ini dapat menjadi alternatif yang efektif dalam pembelajaran bola voli di sekolah dasar.
Copyrights © 2025