Bullying merupakan perilaku yang berdampak negatif terhadap kesehatan mental dan sosial siswa. Upaya pencegahan melalui pendekatan promosi kesehatan diperlukan untuk menekan kejadian tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas promosi audio-visual terhadap faktor perilaku pencegahan bullying pada siswa/i SMA Negeri 2 Timang Gajah Tahun 2025. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain cross-sectional dan melibatkan 113 responden. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitas, dan dianalisis secara bivariat menggunakan uji chi-square. Penelitian dilaksanakan pada 11 Maret hingga 06 Mei 2025. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pengetahuan (p=0,000), sikap (p=0,003), efikasi diri (p=0,000), dukungan sosial (p=0,000), dan promosi audio-visual (p=0,031) dengan perilaku pencegahan bullying. Responden yang memiliki pengetahuan baik, sikap positif, efikasi diri tinggi, dukungan sosial kuat, dan terpapar promosi audio-visual lebih banyak menunjukkan perilaku pencegahan. Promosi audio-visual efektif dalam memengaruhi faktor yang berperan terhadap perilaku pencegahan bullying. Sekolah disarankan untuk memanfaatkan media audio-visual sebagai bagian dari strategi edukatif dalam mencegah bullying secara sistematis dan berkelanjutan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025