Jurnal Pendidikan Refleksi
Vol. 13 No. 4 (2025): Jurnal Pendidikan Refleksi

Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (Perkelompok) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas II SD DDI 2 Kota Palopo

Annisa, Annisa (Unknown)
Nursaeni, Nursaeni (Unknown)
T, Irma (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Feb 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di kelas II SD DDI 2 Kota Palopo. Latar belakang penelitian didasarkan pada fenomena rendahnya partisipasi siswa dalam diskusi kelas dan keterbatasan pemahaman materi ketika guru masih dominan menggunakan metode ceramah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi experimental, melibatkan dua kelas sebagai sampel penelitian, yaitu kelas eksperimen yang mendapatkan perlakuan dengan model NHT dan kelas kontrol yang diajar menggunakan metode konvensional. Instrumen yang digunakan berupa tes hasil belajar serta lembar observasi aktivitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model NHT secara signifikan meningkatkan hasil belajar peserta didik dibandingkan metode konvensional. Siswa pada kelas eksperimen memperlihatkan peningkatan skor rata-rata lebih tinggi, disertai dengan partisipasi aktif, kemampuan kerjasama, dan kepercayaan diri yang lebih baik. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran kooperatif seperti NHT terbukti mampu meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran PAI pada tingkat sekolah dasar. Implikasi dari penelitian ini menegaskan pentingnya inovasi strategi pembelajaran yang mendorong keterlibatan siswa secara aktif dan kolaboratif dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan agama di sekolah dasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

refleksi

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences Other

Description

JURNAL PENDIDIKAN REFLEKSI (ISSN 2301-4059 | e-ISSN 2798-544X) adalah jurnal ilmiah yang menerbitkan artikel di bidang Pendidikan dan Sosial Humaniora. Diterbitkan setiap tiga bulan (quarterly), jurnal ini bertujuan untuk memfasilitasi kajian akademik yang inovatif dan berbasis penelitian. Dikelola ...