Indonesian Research Journal on Education
Vol. 5 No. 5 (2025): Irje 2025

Musikalisasi Puisi: Sebuah Perkembangan, Struktur dan Penilaian Lomba di Provinsi Jambi

Abdillah, Emriza Syukri (Unknown)
Phetorant, DJ. Dimas (Unknown)
Sriwulan, Wilma (Unknown)
Awerman, Awerman (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Aug 2025

Abstract

Provinsi Jambi merupakan daerah yang aktif sekali mengadakan berbagai macam bentuk kreatifitas remaja (pelajar), salah satunya adalah bidang musikalisasi puisi. Permasalahan yang selalu terjadi setiap perlombaan musikalisasi puisi dilaksanakan di Provinsi Jambi adalah adanya perselisihan antara peserta panitia dan juri lomba, sebagai bagian dari dinamika perlombaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan grounded theory. Data didapatkan dengan observasi, wawancara, studi pustaka dan dokumentasi. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa berbagai kelompok-kelompok musikalisasi puisi tumbuh dengan cepat, sehingga menimbulkan pengaruh yang besar terhadap keberlangsungan genre musikalisasi puisi di Provinsi Jambi. Kemudian, perlunya pembaharuan pada kriteria penilaian yang memuat: kelompok puisi dengan persentase 25%; kelompok musik dengan persentase 25%; Keselarasan dengan persentase 10%; konsep dengan persentase 20%; dan Genre yang terdiri dari perubahan dari puisi ke musik menemukan musikalisasi puisi sebesar 20%.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...