Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan peserta didik kelas XI SMAN 4 Pekanbaru dalam menguasai huruf kana, ditandai dengan kesulitan membaca, mengingat, membedakan huruf, serta kesalahan penulisan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan penggunaan media pembelajaran Quizlet dalam meningkatkan penguasaan huruf kana. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan jenis kuasi eksperimen, model pretest-posttest dengan kelompok kontrol. Sampel terdiri dari kelas XI Humaniora 1 dan 2 menggunakan teknik total sampling. Hasil pretest menunjukkan rata-rata nilai kelas eksperimen sebesar 45,34 dan kelas kontrol 39,69. Setelah perlakuan, nilai rata-rata posttest kelas eksperimen meningkat menjadi 75,52, sedangkan kelas kontrol mencapai 58,34. Uji Mann-Whitney U menunjukkan nilai signifikansi 0,000 (p < 0,05), yang mengindikasikan perbedaan signifikan antara kedua kelompok. Perhitungan N-Gain menunjukkan peningkatan sebesar 54% pada kelas eksperimen (kategori Kurang Efektif) dan 27% pada kelas kontrol (kategori Tidak Efektif). Dengan demikian, penggunaan media Quizlet terbukti lebih efektif dibandingkan metode konvensional dalam meningkatkan kemampuan kana peserta didik. Penelitian selanjutnya disarankan mengeksplorasi fitur-fitur terbaru Quizlet, seperti Blast dan Blok, serta menguji efektivitasnya dalam berbagai konteks dan jenjang pembelajaran lainnya.
Copyrights © 2025