Indonesian Research Journal on Education
Vol. 5 No. 5 (2025): Irje 2025

Keefektifan Penggunaan Media Pembelajaran Quizlet untuk Meningkatkan Kemampuan Kana pada Siswa Kelas XI SMAN 4 Pekanbaru

Nazara, Rijanitanti (Unknown)
Basri, Merri Silvia (Unknown)
Yohani, Adisthi Martha (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan peserta didik kelas XI SMAN 4 Pekanbaru dalam menguasai huruf kana, ditandai dengan kesulitan membaca, mengingat, membedakan huruf, serta kesalahan penulisan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan penggunaan media pembelajaran Quizlet dalam meningkatkan penguasaan huruf kana. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan jenis kuasi eksperimen, model pretest-posttest dengan kelompok kontrol. Sampel terdiri dari kelas XI Humaniora 1 dan 2 menggunakan teknik total sampling. Hasil pretest menunjukkan rata-rata nilai kelas eksperimen sebesar 45,34 dan kelas kontrol 39,69. Setelah perlakuan, nilai rata-rata posttest kelas eksperimen meningkat menjadi 75,52, sedangkan kelas kontrol mencapai 58,34. Uji Mann-Whitney U menunjukkan nilai signifikansi 0,000 (p < 0,05), yang mengindikasikan perbedaan signifikan antara kedua kelompok. Perhitungan N-Gain menunjukkan peningkatan sebesar 54% pada kelas eksperimen (kategori Kurang Efektif) dan 27% pada kelas kontrol (kategori Tidak Efektif). Dengan demikian, penggunaan media Quizlet terbukti lebih efektif dibandingkan metode konvensional dalam meningkatkan kemampuan kana peserta didik. Penelitian selanjutnya disarankan mengeksplorasi fitur-fitur terbaru Quizlet, seperti Blast dan Blok, serta menguji efektivitasnya dalam berbagai konteks dan jenjang pembelajaran lainnya.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...