Transformasi pendidikan di Indonesia menuntut pendekatan pembelajaran yang mampu mengembangkan keterampilan abad ke-21. Pembelajaran biologi masih didominasi metode hafalan, sehingga kurang mendukung pengembangan keterampilan berpikir kritis, kolaborasi, dan literasi sains. Penelitian ini bertujuan untuk meninjau penerapan kurikulum berbasis Inquiry Learning pada pembelajaran biologi, tantangan implementasinya, dan kontribusinya terhadap peningkatan kualitas pembelajaran. Metode yang digunakan adalah studi literatur terhadap berbagai artikel ilmiah dan jurnal terkait model pembelajaran inkuiri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model inkuiri baik terbimbing, bebas, maupun terstruktur dapat meningkatkan keterampilan saintifik, pemahaman konseptual, dan literasi sains siswa secara signifikan. Studi kasus di berbagai sekolah memperlihatkan bahwa keberhasilan implementasi sangat dipengaruhi oleh pemahaman guru, ketersediaan fasilitas, serta integrasi teknologi. Pembelajaran berbasis inkuiri juga terbukti memberikan pengalaman belajar yang lebih bermakna dan kontekstual. Oleh karena itu, dukungan kebijakan, pelatihan guru, dan pengembangan kurikulum berbasis kompetensi menjadi kunci keberhasilan penerapan model ini dalam pembelajaran biologi.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025