Pembaharuan kurikulum nasional sangat penting untuk menjawab tantangan global dan kebutuhan adaptasi sumber daya manusia. Namun, pada penerapannya kerap dihadapkan pada tantangan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan kesiapan profesionalisme bagi guru. Penelitian ini bertujuan menganalisis bagaimana dampak pembaharuan kurikulum nasional terhadap peningkatan kualitas pembelajaran di kelas serta mengevaluasi kesiapan dan profesionalisme guru dalam penerapannya. Menggunakan metode kajian pustaka (literature review) dengan menganalisis berbagai jurnal ilmiah, buku, dan dokumen kebijakan, data dikumpulkan secara sistematis dan dianalisis menggunakan pendekatan deskriptif-kualitatif melalui koding, kategorisasi, dan sintesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurikulum baru mendorong terjadinya pergeseran pedagogi ke arah pembelajaran berpusat pada siswa dan berpeluang meningkatkan keaktifan siswa, meskipun dampaknya pada hasil belajar masih beragam. Guru juga menunjukkan kemauan beradaptasi namun terkendala kurangnya pelatihan secara komprehensif, beban kerja yang berlebih, dan sedikitnya dukungan profesional. Implikasi penelitian ini menekankan pentingnya pelatihan berkelanjutan pada guru, pendampingan, penguatan komunitas belajar guru, serta dukungan sumber daya dan penyederhanaan administrasi bagi sekolah untuk mencapai implementasi kurikulum yang lebih efektif dan berkelanjutan.
Copyrights © 2025