Latar belakang penelitian ini yaitu pada pendidikan karakter yang merupakan aspek penting dalam pembentukan kepribadian siswa, terutama di tingkat sekolah menengah kejuruan. Di SMK Nurul Iman Kota Jakarta Timur, kegiatan ekstrakurikuler rohis berperan sebagai salah satu metode untuk memperkuat pendidikan karakter. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh observasi awal yang menunjukkan bahwa meskipun terdapat beragam kegiatan ekstrakurikuler, masih ada tantangan dalam implementasi pendidikan karakter, seperti rendahnya partisipasi siswa dan pemahaman yang kurang mendalam mengenai nilai-nilai karakter yang diajarkan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi upaya yang dilakukan oleh sekolah dalam memaksimalkan kegiatan ekstrakurikuler rohis sebagai sarana penguatan pendidikan karakter, serta mengidentifikasi faktor-faktor yang mendukung dan menghambat pelaksanaannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Sumber data terdiri dari kepala sekolah, guru pembimbing ekstrakurikuler rohis, dan siswa SMK Nurul Iman. Analisis data dilakukan melalui proses kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Metedologi penelitian dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya yang dilakukan oleh pihak sekolah dalam penguatan pendidikan karakter melalui kegiatan ekstrakurikuler rohis mencakup penyediaan beragam kegiatan yang menarik, pelatihan bagi guru pembimbing, serta kolaborasi dengan orang tua dan masyarakat. Faktor pendukung yang ditemukan adalah dukungan dari pihak sekolah dan antusiasme siswa, sedangkan faktor penghambat meliputi keterbatasan waktu dan kurangnya minat siswa untuk berpartisipasi secara aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler.
Copyrights © 2025