Penelitian ini di latarbelakangi oleh hasil observasi yang peneliti lakukan terhadap peserta didik di SMK Negeri 26 Jakarta. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah pembelajaran moving class berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar peserta didik di SMK Negeri 26 Jakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas pembelajaran moving class terhadap hasil belajar peserta didik. Pembelajaran moving class merupakan sistem pembelajaran di mana siswa berpindah kelas sesuai dengan mata pelajaran, dengan harapan dapat menciptakan suasana belajar yang nyaman dan meningkatkan konsentrasi siswa yang dianggap memiliki dampak positif terhadap hasil belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan survey yang melibatkan siswa kelas X. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner yang diberikan kepada siswa kelas X untuk mengukur persepsi mereka terhadap efektivitas moving class dan kaitannya dengan hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran moving class memiliki tingkat efektivitas yang tinggi dan berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jika dilihat dari uji koefisien Product Moment menghasilkan “rxy” atau “ro” sebesar 0,715, sedangkan “rt” pada tabel signifikan 5% = 0,312 dan taraf signifikan 1% = 0,403. Dengan demikian dapat diketahui bahwa “ro” > “rt” baik pada signifikan 5% maupun 1%. Maka berdasarkan hasil tersebut Hipotesis Alternatif (Ha) diterima atau disetujui dan Hipotesis Nihil (Ho) ditolak atau tidak disetujui. Berdasarkan penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh efektivitas pembelajaran moving class terhadap hasil belajar peserta didik di SMK Negeri 26 Jakarta.
Copyrights © 2025