Didaktika: Jurnal Kependidikan
Vol. 14 No. 3 (2025): Vol. 14 No. 3 Agustus 2025

Profil Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Energi pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

Ita Handayani (Unknown)
Binar Kurnia Praharani (Unknown)
Suryanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memetakan profil peningkatan hasil belajar siswa kelas IV pada materi energi dalam pembelajaran IPA, berdasarkan indikator capaian pembelajaran yang tercantum dalam kurikulum nasional. Pendekatan yang digunakan adalah mixed-method, dengan kombinasi analisis kuantitatif (pretest–posttest, gain score) dan analisis kualitatif (observasi dan wawancara guru serta siswa). Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata gain score siswa sebesar 0,66 yang termasuk dalam kategori sedang, dengan indikator perubahan bentuk energi sebagai aspek yang paling meningkat. Selain itu, siswa menunjukkan keterlibatan aktif terutama saat kegiatan eksperimen dan diskusi kelompok. Pembelajaran dengan pendekatan saintifik dan media digital terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman konseptual siswa. Penelitian ini merekomendasikan penggunaan strategi pembelajaran berbasis indikator capaian untuk mendukung pengambilan keputusan instruksional di sekolah dasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Material Development Testing, Assessment, & Evaluation Teacher Professional Development Learning Activities Education Policy Learning Facilities & ...