Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Fase C di kelas V SD Negeri Jombor Kapanewon Piyungan menggunakan model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan dukungan data kuantitatif dari angket. Subjek penelitian terdiri dari guru dan siswa kelas V, serta dokumen dan produk hasil projek. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada aspek konteks, pelaksanaan projek sesuai dengan kebutuhan dan tujuan penguatan karakter siswa. Pada aspek input, modul dan perangkat pembelajaran tersedia, namun pelatihan guru dan sarana pendukung masih terbatas. Aspek proses menunjukkan keterlibatan aktif siswa dan peran guru yang baik, meskipun refleksi belum terlaksana secara optimal. Aspek produk menunjukkan bahwa projek berdampak positif terhadap karakter siswa, tetapi belum ada keberlanjutan program. Penelitian ini berkontribusi dalam pengembangan model evaluasi berbasis sekolah terhadap implementasi kurikulum merdeka, khususnya dalam memperkuat praktik evaluasi pendidikan karakter secara komprehensif di tingkat sekolah dasar.
Copyrights © 2025