Didaktika: Jurnal Kependidikan
Vol. 14 No. 3 (2025): Vol. 14 No. 3 Agustus 2025

Kajian Literatur Sistematis Pengembangan Bahan Ajar IPA Berbasis Learning Cycle 5E

Agustiana, Nina (Unknown)
Woro Sumarni (Unknown)
Bambang Subali (Unknown)
Nuni Widiarti (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Aug 2025

Abstract

Saat ini, pengembangan bahan ajar IPA berbasis Learning Cycle 5E menunjukkan tren peningkatan dengan variasi tujuan pembelajaran dan jenis bahan ajar yang semakin beragam. Kondisi ini menimbulkan kebutuhan untuk memetakan arah dan fokus penelitian secara lebih sistematis. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan memetakan tren pengembangan bahan ajar IPA berbasis Learning Cycle 5E berdasarkan jenjang pendidikan, jenis bahan ajar, domain materi, dan fokus penelitian. Untuk mencapai tujuan tersebut, metode yang digunakan adalah kajian literatur sistematis dengan pedoman PRISMA melalui penelusuran artikel menggunakan Publish or Perish pada database Scopus dan Google Scholar. Artikel yang dianalisis dibatasi pada jurnal terindeks SINTA 1–4 dan Scopus Q1–Q4 periode 2020–2025. Dari 144 artikel yang ditelusuri, 25 memenuhi kriteria inklusi. Hasil menunjukkan bahwa pengembangan bahan ajar didominasi jenjang SMA, berbentuk bahan ajar interaktif, dan mayoritas pada domain fisika. Berdasarkan temuan tersebut diketahui bahwa pengembangan bahan ajar IPA berbasis Learning Cycle 5E masih berfokus pada validasi produk dan belum banyak mengkaji uji efektivitas terhadap aspek kognitif dan nonkognitif siswa. Implikasinya, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengeksplorasi efektivitas serta dampak bahan ajar terhadap aspek kognitif dan nonkognitif siswa di berbagai jenjang pendidikan dan domain materi IPA.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Material Development Testing, Assessment, & Evaluation Teacher Professional Development Learning Activities Education Policy Learning Facilities & ...