Didaktika: Jurnal Kependidikan
Vol. 14 No. 3 (2025): Vol. 14 No. 3 Agustus 2025

Pengaruh Kegiatan 15 Menit Pintar Terhadap Kemampuan Literasi Siswa Sekolah Dasar

Rahma Hofifah (Unknown)
Nur Ngazizah (Unknown)
Suyoto (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Aug 2025

Abstract

Literasi merupakan hal penting yang mempengaruhi siswa pada pembelajaran jenjang selanjutnya, sehingga diperlukan kegiatan yang dapat meningkatkan kemampuan tersebut. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui perbandingan nilai pretest dan posttest untuk melihat pengaruh kegiatan 15 menit pintar terhadap kemampuan literasi siswa. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain penelitian Pre-experimental melalui tipe penelitian One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Munggangsari dengan jumlah populasi 10 siswa. Instrumen yang digunakan berupa tes AKM (Asesmen Kompetensi Minimum) yang diberikan sebelum dan sesudah pelaksanaan kegiatan 15 menit pintar. Data dianalisis menggunakan analisis deskritif, uji normalitas, uji homogenitas dan uji paired sample t-test untuk mengetahui perbedaan niai pretest dan posttest. Analisis deskriptif untuk melihat hasil rata-rata nilai pretest dan posttest. Uji normalitas dipakai untuk melihat apakah data yang digunakan terdistribusi normal atau tidak normal. Uji homogenitas dipakai untuk mengetahui sama atau tidaknya varian populasi. Uji paired sample t-tes dipakai untuk melihat apakah kegiatan 15 menit pintar memiliki pengaruh terhadap kemampuan litrasi siswa. Kemampuan literasi siswa meningkat dilihat dari hasil rata-rata tes, rata-rata nilai pretest 44.50 sedangkan rata-rata nilai posttest 52.00. Hasil uji paired sample t-test menunjukkan nilai Sig.(2-tailed) 0,038 < 0,05, yang berarti terdapat pengaruh antara kemampuan literasi siswa sebelum dan sesudah kegiatan 15 menit pintar. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kegiatan 15 menit pintar berpengaruh positif terhadap peningkatan kemampuan literasi siswa kelas V SDN Munggangsari.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Material Development Testing, Assessment, & Evaluation Teacher Professional Development Learning Activities Education Policy Learning Facilities & ...