Didaktika: Jurnal Kependidikan
Vol. 14 No. 3 (2025): Vol. 14 No. 3 Agustus 2025

Pembelajaran Membaca Pemahaman dengan Model CIRC Berbantuan Media Flipbook Cerita Rakyat

Aryani Widhiyastuti (Unknown)
Slamet Subiantoro (Unknown)
Septi Yulisetiani (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Aug 2025

Abstract

Rendahnya kemampuan memahamin isi bacaan yang telah dibaca berdampak pada rendahnya hasil belajar peserta didik. Hal ini terjadi karena kurang tepatnya guru memilih model dalam pembelajaran sehingga dalam proses belajar mengajar, peserta didik akan menjadi cepat bosan dan tidak tertarik untuk memahami teks yang sudah ditugaskan. Dengan memanfaatkan model pembelajaran yang kooeratif berbantu media yang memanfaatka tehnologi diharapkan dapat menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran CIRC berbantuan media flipbook dan kendala belajar peserta didik setelah menggunakan model pembelajaran CIRC berbantu media flipbook. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif studi kasus. Partisipan dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV di salah satu sekolah dasar negeri di Polokarto yang berjumlah 17 peserta didik. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media flipbook digital menghasilkan keterlaksanaaan dengan hasil “sangat baik”. Dengan metode pembelajaran CIRC ini dapat menumbuhkan ketrampilan membaca peserta didik, selain itu juga dapat meningkatkan antusias peserta didik, menumbuhkan motivasi belajar peserta didik serta menumbuh kembangkan interaksi sosial peserta didik. Kendala yang dihadapi selama pembelajaran antara lain faktor keadaan peserta didik, sarana dan prasarana yang digunakan, kurangnya waktu saat membaca, adanya peserta didik yang tidak terlibat aktif saat pembelajaran

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Material Development Testing, Assessment, & Evaluation Teacher Professional Development Learning Activities Education Policy Learning Facilities & ...