Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) pengaruh Perhatian Orang Tua dan Konsep diri secara bersama - sama terhadap prestasi belajar IPS, 2) Perhatian Orang Tua terhadap prestasi belajar IPS, 3) Konsep Diri terhadap prestasi belajar IPS. Metode penelitian yang digunakan adalah survey deskriptif. Survey dilakukan pada Madrasah Tsanawiyah Swasta (MTs S) Jakarta Barat. Populasi sebanyak 638 siswa dengan sampel sebanyak 81. Instrumen yang digunakan adalah tes khusus yang diberikan kepada sampel berupa kuesioner Perhatian Orang Tua dan Konsep diri. Hasil penelitian menunjukkan: 1) terdapat pengaruh yang signifikan secara bersama-sama Perhatian Orang Tua dan Konsep Diri terhadap Prestasi Belajar IPS siswa MTs Swasta kota Jakarta Barat. Hal ini dibuktikan dengan nilai sig. 0,00 < 0,05 dan Fhitung = 44,340. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar IPS siswa MTs Swasta kota Jakarta Barat. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai sig. 0,022 < 0,05 dan nilai thitung = 2,336. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan Konsep Diri terhadap Prestasi Belajar IPS siswa MTs Swasta kota Jakarta Barat. Hal ini dibuktikan dengan perolehan sig. 0,027<0,05 dan nilai thitung=2,253
Copyrights © 2025