Penelitian ini bertujuan untuk menguji hipotesis mengenai pengaruh motivasi belajar dan kemandirian belajar siswa terhadap prestasi belajar IPS. Menggunakan metode survei dengan analisis regresi, sampel terdiri dari 60 siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs) swasta di Kabupaten Sukabumi, yang dipilih secara acak. Data dikumpulkan menggunakan angket dan tes yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya, kemudian dianalisis menggunakan SPSS 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara kolektif, motivasi belajar dan kemandirian belajar memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar IPS. Temuan ini didukung oleh nilai signifikansi sebesar 0,000 (<0,05) dan koefisien determinasi sebesar 0,761, yang menunjukkan bahwa 76,10% variasi prestasi belajar dipengaruhi oleh kedua faktor tersebut. Secara terpisah, kedua variabel tersebut juga menunjukkan pengaruh yang signifikan. Motivasi belajar terbukti berpengaruh signifikan dengan nilai signifikansi 0,000 (<0,05) dan uji-t 3,750, sementara kemandirian belajar juga berpengaruh signifikan dengan nilai signifikansi 0,001 (<0,05) dan uji-t 3,364. Kesimpulannya, motivasi dan kemandirian belajar merupakan faktor penting yang memengaruhi prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran IPS.
Copyrights © 2025