Penelitian ini mengevaluasi dampak keterlibatan orang tua terhadap prestasi akademik siswa dalam mata pelajaran Ekonomi di MAN 1 Aceh Tengah. Menggunakan pendekatan sampling lengkap dengan 74 siswa dari Kelas XII IPS1, IPS2, dan IPS3, penelitian ini menerapkan teknik kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Data dikumpulkan melalui observasi, instrumen penelitian, dan dokumentasi kepustakaan, serta dianalisis menggunakan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan koefisien regresi 0,570, yang berarti setiap kenaikan 1% dalam keterlibatan orang tua berhubungan dengan peningkatan 0,570 dalam hasil belajar siswa. Uji t menunjukkan nilai signifikansi 0,000 (p 0,05) dan t hitung 3,753 (melebihi t tabel 1,668), mengindikasikan dampak positif substansial dari keterlibatan orang tua terhadap prestasi akademik siswa. Hipotesis alternatif didukung, sementara hipotesis nol ditolak. Penelitian ini menegaskan adanya korelasi positif antara peningkatan keterlibatan orang tua dan peningkatan prestasi akademik siswa.
Copyrights © 2025