Economica Didactica
Vol 6, No 1 (2025): Economica Didactica, 28 April 2025

Pengaruh Partisipasi Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi di MAN 1 aceh tengah

Futra, Herisyah (Unknown)
Ali Basyah, Nazaruddin (Unknown)
Anggraini, Irma (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini mengevaluasi dampak keterlibatan orang tua terhadap prestasi akademik siswa dalam mata pelajaran Ekonomi di MAN 1 Aceh Tengah. Menggunakan pendekatan sampling lengkap dengan 74 siswa dari Kelas XII IPS1, IPS2, dan IPS3, penelitian ini menerapkan teknik kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Data dikumpulkan melalui observasi, instrumen penelitian, dan dokumentasi kepustakaan, serta dianalisis menggunakan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan koefisien regresi 0,570, yang berarti setiap kenaikan 1% dalam keterlibatan orang tua berhubungan dengan peningkatan 0,570 dalam hasil belajar siswa. Uji t menunjukkan nilai signifikansi 0,000 (p 0,05) dan t hitung 3,753 (melebihi t tabel 1,668), mengindikasikan dampak positif substansial dari keterlibatan orang tua terhadap prestasi akademik siswa. Hipotesis alternatif didukung, sementara hipotesis nol ditolak. Penelitian ini menegaskan adanya korelasi positif antara peningkatan keterlibatan orang tua dan peningkatan prestasi akademik siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JED

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

The Journal of Economica Didactica offers original articles on teaching economics. In its pages, leading scholars evaluate innovations in teaching techniques, materials, and programs. Instructors of introductory through graduate level economics will find the journal an indispensable resource for ...