Economica Didactica
Vol 6, No 1 (2025): Economica Didactica, 28 April 2025

Tingkat Literasi Keuangan Mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Syiah Kuala

Nadia, Sarah (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Aug 2025

Abstract

Literasi keuangan adalah kemampuan dan pengetahuan yang dimiliki seseorang untuk mengelola uang dengan baik, guna meningkatkan kualitas hidup dan mencapai kesejahteraan. Pemahaman tentang keuangan diperlukan agar dapat mengambil keputusan yang tepat, sehingga dapat menghindari masalah seperti arus kas negatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana literasi keuangan mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Syiah Kuala. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari 264 mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP USK yang berasal dari angkatan 2020, 2021, 2022, dan 2023. Sampel penelitian diambil sebanyak 30% dari populasi, yaitu 79 mahasiswa, dengan teknik pengambilan sampel Proportionate Stratified Random Sampling (undian sistematis) dari seluruh angkatan tersebut. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner (angket). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 79 responden, 12 mahasiswa (15%) memiliki tingkat literasi keuangan yang sangat tinggi, 33 mahasiswa (42%) berada pada kategori literasi keuangan tinggi, 27 mahasiswa (34%) berada pada kategori literasi keuangan sedang, 7 mahasiswa (9%) berada pada kategori literasi keuangan rendah, dan tidak ada mahasiswa (0%) yang memiliki tingkat literasi keuangan sangat rendah. Hasil uji hipotesis diperoleh jika thitung 37,868 ttabel 1.66462 maka terdapat tingkat literasi keuangan mahasiswa pendidikan ekonomi FKIP Universitas Syiah Kuala. Berdasarkan hasil perhitungan rata-rata dari seluruh responden, dapat disimpulkan bahwa tingkat literasi keuangan mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP USK tergolong dalam kategori tinggi, dengan nilai rata-rata sebesar 66,13.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JED

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

The Journal of Economica Didactica offers original articles on teaching economics. In its pages, leading scholars evaluate innovations in teaching techniques, materials, and programs. Instructors of introductory through graduate level economics will find the journal an indispensable resource for ...