Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan media gambar terhadapkemampuan membaca permulaan siswa kelas 1 SD Advent Victory Sorong. Metode yang digunakandalam penelitian ini adalah eksperimen dengan desain pretest-posttest group design. Sampel penelitianterdiri dari 17 siswa yang dipilih secara acak, yang terbentuk satu kelompok dan diberikan perlakuandengan media gambar dan kelompok kontrol yang menggunakan metode eksperimen. Instrumen yangdigunakan untuk mengukur kemampuan membaca permulaan adalah tes membaca yang terdiri daribeberapa item soal yang menguji pengenalan huruf, pengucapan kata, dan pemahaman teks sederhana.Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji t untuk mengetahui perbedaan signifikan antara skorpretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antarakemampuan membaca siswa yang menggunakan media gambar dan yang tidak menggunakannya.Kelompok eksperimen yang menggunakan media gambar menunjukkan peningkatan yang lebih baikdalam kemampuan membaca permulaan. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapanmedia gambar efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas 1 SDAdvent Victory Sorong
Copyrights © 2025